Ahmad Riza Patria

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengunjungi kantor KPU Pusat guna memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar tanpa adanya kecurangan dengan mengecek langsung proses rekapitulasi suara secara nasional. Sebelumnya, ia pun menerima banyak keluhan terkait adanya potensi kecurangan selama pemilu 2019 ini berjalan.

“Dalam rangka menjalankan tugas DPR. Kami ingin ngecek proses rekapitulasi di tingkat nasional dan memastikan proses pemilu ini jujur dan adil,” ungkap Riza kepada wartawan seketika memasuki Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (3/5).

Karenanya ia ingin konsultasi dengan KPU terkait sejumlah persoalan yang terjadi selama berlangsungnya pemilu 2019 ini. Ia menerima sejumlah permasalahan terkait pemilu seperti dugaan kecurangan, mobilisasi, serta money politics.

“Menjelang tanggal 22 Mei kita mau antisipasi, agar proses demokrasi berjalan baik. Kita ingin konsultasi dengan KPU terkait lagkah penanganan apa aja terkait kecurangan yang terjadi di TPS hingga PPK. Bahkan, money politics ini sangat massif,” ungkap politisi Gerindra ini.

Ia pun mengaku prihatin atas pelaksanaan pemilu 2019 ini yang menimbulkan banyak persoalan. Komisi II pun nantinya akan melakukan evaluasi terkait pemilu ini setelah pembukaan masa sidang yang akan dimulai pada 8 Mei 2019. “Demokrasi kita dibeli oleh uang. Ini yang akan kita benahi, tentu kami di Komisi II, kita akan evaluasi secara menyeluruh. Kita berharap ini bisa dibenahi, banyak sekali evaluasi termasuk di pemilu luar negeri,” pungkas Riza. (rya)