Bali

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk waspada terkait penyebaran virus corona varian baru, Omicron, yang kini sudah terdeteksi di negara Singapura.

Jokowi tidak ingin varian baru Omicron ini kemudian menyebar ke Indonesia yang bisa berakibat pada kemunculan gelombang keempat Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru.

“Hati-hati sama yang namanya ancaman gelombang keempat dari varian Omicron. Tadi pagi saya mendapatkan kabar bahwa virus ini sudah sampai ke Singapura,” kata Jokowi dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12).

Jokowi kemudian menekankan kepada seluruh aparat kepolisian yang berada di daerah perbatasan dengan Singapura untuk meningkatkan pergerakan orang masuk dan keluar.

Lantaran virus itu bisa dibawa oleh siapapun, baik dia warga negara asing (WNA) atau warga negara Indonesia usai berpergian ke luar negeri.

“Utamanya, Polda yang berkaitan dengan perbatasan negara-negara lain. Utamanya tenaga kerja dari luar yang akan masuk ke Indonesia untuk pulang kampung,” jelasnya.

Diketahui, varian Omicron ini telah terdeteksi dan menyebar di 29 negara di dunia dan para ahli masih mengembangkan studi terkait varian tersebut. Hingga saat ini, varian Omicron diduga lebih cepat menular dari jenis Delta. (ant)