Kastara.id, Depok – Pengurus Perkumpulan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKK KBIH) Indonesia Kota Depok periode 2018-2022 resmi dilantik. Pelantikan yang disaksikan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris tersebut berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Rabu (4/4).

Menurut Wali Kota Depok Mohammad Idris,  FKK KBIH merupakan forum mulia untuk membantu para jemaah menunaikan ibadah haji.

“Kepada para pengurus KBIH agar lebih arif dalam mengarahkan calon jemaah haji di Kota Depok. Terlebih, tahun ini sekitar 1087 calon jemaah akan berangkat ke tanah suci,” katanya.

Wali Kota juga meminta KBIH lebih mementingkan kemaslahatan bersama ketimbang hal-hal yang justru dapat merugikan para jemaah haji itu sendiri.

Sementara itu, Ketua FKK KBIH Jawa Barat E Sunija berharap para pengurus FKK KBIH Kota Depok yang sudah dilantik bisa bermitra dengan pemerintah setempat dan pihak lain seperti BPJS, serta terus meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Menurut Sunija, FKK KBIH jangan bisa hanya meminta, akan tetapi perlu juga memberikan bantuan kepada pemerintah atau warga dalam kegiatan penyelenggaraan haji ke tanah suci. “Pengurus yang baru untuk bekerja sama membangun forum, sehingga bisa dikenal oleh lapisan masyarakat di Kota Depok,” katanya.

Sedangkan Ketua FKK KBIH Depok periode sebelumnya, Misbahudin A. Wahid mengatakan, awalnya forum ini belum maju pesat bahkan tidak memiliki kesekretariatan. Namun kini sudah ada di Gedung MUI.

“Sebelumnya citra rombongan haji dari Kota Depok saat masuk asrama haji selalu berantakan. Secara perlahan dapat dievaluasi dan sekarang bisa lebih baik. Itu merupakan tugas yang pertama dilakukan FK KBIH di Kota Depok,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua FKK KBIH yang baru, Ali Fikri menambahkan, tugas yang diembannya ini sangat berat. Namun, ditegaskannya bahwa FKK KBIH siap membantu pemerintah di bidang pemberangkatan calon jemaah haji.

“KBIH yang profesional membantu para calon jemaah haji yang masih membutuhkan kita dengan ikhlas. Kita kawal, dukung, dan jalankan apa yang kita punya cita-cita,” katanya.

Wakil Ketua FKK KBIH Habib Idrus Al Gadri menambahkan, pengurus FKK KBIH ini merupakan para pimpinan KBIH Kota Depok yang sudah resmi. Mereka mendapatkan akreditasi dan kredibilitas dari Kemenag Jawa Barat dan Kota Depok, sehingga dipercaya dalam menyelenggarakan ibadah haji setiap tahun.

“Kami FKK KBIH siap menerima aduan dari warga para calon jemaah haji. Apakah dia kena tipu atau kegiatan yang sifatnya negatif,” katanya.

Masyarakat pun diimbau untuk tak mudah tergiur paket perjalanan haji murah. Selain adanya kemungkinan mendapatkan pelayanan yang kurang baik, paket perjalanan haji murah juga bisa berujung penipuan. Seperti yang terjadi pada penipuan biro perjalanan umrah First Travel.

“Harga murah sebagai imbas persaingan antarbiro perjalanan haji bisa membuat pelayanan yang diberikan tak maksimal,” pungkasnya. (*)

Reporter/Foto: Rudi Irwanto-Kastara.ID
Editor: Dwi