BUMN

Kastara.ID, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir buka-bukaan soal  tugas dua wakilnya — Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo  — dalam membantu mengurusi ratusan perusahaan negara.

Erick mengatakan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2019, masing-masing Wamen mendapatkan penugasan khusus dari Presiden untuk memperkuat kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju sehingga perubahan-perubahan nyata bisa segera dirasakan.

“Hal ini sudah disepakati bersama, sehingga masing-masing Wamen dapat bersinergi dengan baik dan mengakselerasi tugas-tugas yang sudah diberikan,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/11).

Untuk Wamen BUMN I yakni Budi Gunadi Sadikin ditugaskan membina BUMN sektor farmasi, jasa survei, energi, pertambangan, industri strategis, dan media. Sementara Wamen BUMN II membina BUMN sektor industri agro, kawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan.

Menteri dan Wamen BUMN dibantu para deputi. Erick meminta setiap Deputi Pembina BUMN agar dapat melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan para Wamen sesuai dengan bidang yang telah ditetapkan.

Mengutip situs resmi Kementerian BUMN, selain dua wamen, ada delapan pejabat di eselon I yang terdiri atas satu sekretaris kementerian dan tujuh deputi kementerian. (mar)