Taman Nasional (TN) Lorentz

Kastara.ID, Jakarta – 4 Desember merupakan hari jadi Taman Nasional (TN) Lorentz, Papua. Kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara ini menjadi rumah bagi satwa-satwa langka.

TN Lorentz membentang lebih dari 9.600 mil persegi, berisi beberapa ekosistem termasuk padang rumput, rawa-rawa, hingga pegunungan yang di atasnya terdapat gletser tropis. TN Lorentz menjadi rumah bagi beberapa satwa langka, seperti Tree Kangaroos, macan, serta banyak spesies burung langka salah satunya Beo Pesquet.

Selain sebagai tempat tinggal untuk satwa dilindungi, TN Lorentz juga menjadi tempat tinggal bagi tujuh kelompok etnis manusia yang hidup sesuai dengan tradisi masing-masing sejak ribuan tahun yang lalu.

Nama Lorentz sendiri diambil dari seorang penjelajah asal Belanda Hendrikus Albertus Lorentz, yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909. TN Lorentz didirikan oleh pemerintah pada 4 Desember 1997.

TN Lorentz sendiri sangat dilindungi dan dijaga ketat oleh World Wildlife Federation serta UNESCO yang menetapkannya sebagai situs warisan dunia. (yan)