Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, menjalani tes yang sukses bersama Ducati selama satu hari, Selasa (28/11) lalu di Valencia. Bahkan Marquez sempat memimpin timesheet di pertengahan hari, yang kemudian menjadi tercepat keempat di akses sesi.

Marquez juga menjadi pembalap Ducati tercepat kedua, di belakang pembalap Italia, Marco Bezzecchi.

Penasaran dengan data motor Marquez, pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini mengaku terkejut setelah melihat data pembalap Spanyol itu.

Menurut Bastianini, Marquez sangat mengesankan, terutama kecepatannya di Tikungan 8 Sirkuit Valencia.

Tikungan 8 Ricardo Tormo sangat teknikal, biasanya dilibas dengan kecepatan rendah menggunakan gigi kecil. Bastianini memastikan tak ada pembalap Ducati lain sekencang Marquez di zona tersebut.

“Saya melihat data Marc sebelum datang ke media dan dia melakukannya dengan sangat baik sejak awal,” jelas Bastianini yang dilansir Motorsport.com.

“Dia sangat cepat,” imbuh pembalap Italia itu soal penampilan perdana Marquez dengan Ducati.

“Ducati adalah motor yang sangat cepat, tapi dia sudah cepat sejak awal dan bahkan ‘time attack’-nya sudah menunjukkan betapa cepatnya dia,” lanjut Bastianini.

“Dia adalah pembalap Ducati tercepat di tikungan 8 (Sirkuit Valencia). Kecepatannya di bagian trek itu luar biasa. Kecepatannya mengesankan. Kalau tidak, bukan hal baru,” ungkap Bastianini dengan mimik terkejut.

Ducati total memiliki delapan pembalap di grid MotoGP dan semuanya dapat saling mengakses data motor masing-masing. (tra)