Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa

Kastara.ID, Surakarta – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surakarta, Teguh Prakosa, mengaku optimis menghadapi pemilhan kepala daerah (Pilkada). Teguh yang bakal mendampingi Achmad Purnomo pada Pilkada Surakarta 2020 yakin Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan memberikan rekomendasi kepada pasangan Purnomo-Teguh seperti dengan yang diajukan DPC PDIP Surakarta.

Dalam usahanya mendapatkan dukungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, pasangan Purnomo-Teguh bakal bersaing dengan Gibran Rakabuming Raka. Itulah sebabnya Teguh berharap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan menepati janjinya, yakni mendukung siapa pun pasangan calon yang mendapat rekomendasi DPP PDIP.

Saat menghadiri acara di Banjarsari, Surakarta, Ahad (5/1), Teguh menegaskan, janji yang pernah diucapkan Gibran sudah menjadi catatan DPC PDIP Surakarta. Menurutnya, biarlah nanti publik melihat, apakah Gibran akan menepati janjinya. Terlebih selama ini Gibran tidak pernah berbicara tentang politik atau parpol.

Terkait kemungkinan rekomendasi DPP PDIP bakal jatuh kepada Gibran, Teguh mengaku akan menyerahkan kepada DPC PDIP Surakarta. Pasalnya keikutsertaan pasangan Purnomo-Teguh pada Pilkada Surakarta 2020 adalah perintah partai. Itulah sebabnya ia akan mengikuti petunjuk dari Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan, Gibran kerap melontarkan janji akan mendukung siapa pun yang mendapat dukungan DPP PDIP pada Pilkada Surakarta atau Solo 2020. Pengusaha martabak Markobar ini mengaku ikhlas rekomendasi tidak jatuh kepadanya. Sebagai kader dan pemegang Kartu Tanda Anggota (KTA), Gibran berkomitmen akan memenangkan PDIP pada Pilkada Surakarta 2020. (yan)