Toyota All New Voxy Mobil Terbaik di ICOTY 2017

Toyota All New Voxy

Kastara.id, Jakarta – Indonesian Car of The Year (ICOTY) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Majalah Mobil Motor sebagai pelopor majalah otomotif pertama di Indonesia. Malam penganugerahan ICOTY yang ke-16 kali ini diadakan di Segara Ancol, Jakarta (29/11) dengan tujuan untuk memberikan informasi tepat untuk pilihan cermat calon pembeli mobil agar lebih jernih dalam memilih.

Pada ICOTY kali ini terdapat 29 finalis dari 9 kategori yang diuji oleh lima juri independen untuk menilai kualitas kendaraan secara langsung serta empat juri yang bertugas mengukur performa mobil-mobil finalis yang bertempat di kawasan Sentul sejak awal hingga pertengahan November 2017.  

Selama pengujian, semua mobil diperlakukan sama termasuk dalam penggunaan bahan bakarnya, sesuai spesifikasi masing-masing. Bahan bakar yang dipergunakan adalah produk Pertamina meliputi Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina DEX. Kunci utama dalam pengujian adalah melakukan penilaian terhadap kualitas mobil meliputi sisi teknis, after sales & service, dan kehandalan saat dikendarai. 

Finalis ICOTY 2017 didominasi mobi-mobil penumpang kelas menengah, seperti Suzuki Ignis yang baru saja mengaspal serta Wuling yang benar-benar baru dari negeri Tirai Bambu. Yang sangat menarik dan mengundang penasaran para juri adalah teknologi yang disandang para finalis sudah jauh lebih maju.

Beberapa mobil bensin telah dilengkapi dengan turbo, intercooler, dan injeksi langsung. Teknologi turbo di mesin 1.500cc menghasilkan performa luar biasa, tenaga besar serta akselerasinya yang sangat baik tidak membuat boros BBM. Dan tentunya mesin ini memerlukan pesyaratan khusus untuk bahan bakarnya, cocok mempergunakan Pertamax Turbo ron 98.

Finalis bermesin diesel turbo dan sistem injeksi Common Rail yang sangat efisien, tidak beda dengan mesin bensin tarikan dan efisiensinya sangatlah baik. Suatu yang baru, mesin diesel bisa dipergunakan sebagai kendaraan harian, selain efisien juga bersuara lebih halus serta rendah kadar partikel karbon pada gas buangnya. Diesel saat ini sudah mulai populer dipergunakan pada kendaraan penumpang kecil.

Perubahan yang terjadi sudah sangat jauh dibanding saat ICOTY pertama kali diselenggarakan di mana sistem injeksi baru dipergunakan pada mobil-mobil kelas atas dan turbo baru pada mobil-mobil untuk keperluan khusus. Ini merupakan tantangan bagi para juri dalam menilai, di mana perubahan demi perubahan harus bisa dirasakan dan dibedakan. 

Hasil penilaian dewan juri terbagi atas beberapa katagori yaitu:

  1. City Car / LCGC  adalah Suzuki All New Ignis dengan total nilai 4.125,20. 
  2. Small MPV adalah Wuling All New Confero S, dengan total nilai 3.963,75.
  3. Medium MPV adalah Toyota Kijang Innova Venturer dengan total nilai 4.007,75
  4. Full Size MPV adalah Toyota All New Voxy dengan total nilai 4.316,11.
  5. Medium Sedan adalah Toyota All New Vios dengan total nilai 3.919,22.
  6. Sedan adalah BMW All New i320 dengan total nilai 3.999,77.
  7. SUV Diesel adalah Chevrolet All New Trailblazer dengan total nilai 4.189,06.
  8. SUV Compact adalah Honda All New CR-V Turbo 1.5 dengan total nilai 4.315,47
  9. Sedan Hatchback adalah Honda All New Jazz  dengan total nilai 3.831,74.

Selain itu Indonesian Car of The Year 2017 memberikan penghargaan berdasarkan kategori:

  1. Toyota All New Voxy sebagai Best of The Best mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017.
  2. Suzuki All New Baleno sebagai Best Value for Money mobil motor Indonesian Car of The Year 2017
  3. All New Mazda 6 sebagai Best Design mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 
  4. Honda All New CR-V Turbo 1.5 Best Performance mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 

(koes)