Susi Pudjiastuti

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti merespons keras pernyataan Politisi PDIP Ono Surono yang mengatakan bahwa Kapal China masuk Indonesia karena Kebijakan Susi.

“Pembohong Publik!!! Ono Surono: Kapal China Masuk Indonesia karena Kebijakan Susi”, cuit Susi di akun twitternya @susipudjiastuti. Cuitan keras dari Susi ini desertai juga dengan tautan berita dari gelora.co yang berisi pernyataan Ono Surono yang menengarai kapal China kembali masuk perairan Indonesia setelah nelayan lokal tidak boleh menggunakan kapal besar dalam menangkap ikan.

Seperti dilansir dari laman gelora.co (6/1), Ono yang juga anggota DPR RI Komisi IV membidangi masalah pertanian, perikanan, dan peternakan ini mengatakan bahwa pasca kebijakan dicabutnya izin perikanan skala besar, dilarangnya transhipment di tengah laut dan pembatasan kapal ikan maksimal 150 grosston.

Ketika kapal besar dilarang beroperasi, yang terjadi adalah zona terluar laut Indonesia sulit dicapai oleh nelayan. Ono menjelaskan bahwa bagi kapal perikanan asal pantura Jawa, melakukan operasi di atas 25 mil sampai 200 mil sebagaimana ketentuan zona ekonomi ekslusif (ZEE) tidaklah mudah.

“Jadi, Indonesia itu ibarat rumah tetapi tidak berpenghuni sehingga maling sangat leluasa mencuri isinya,” ujar Ono lagi kepada wartawan seperti dilansir dari laman gelora.co.

Cuitan Susi ini juga direspons oleh mantan sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Muhammad Said Didu. Said Didu melalui akun twitternya @msaid_didu mencuit: “Siapa sih orang ini?”

Cuitan Susi ini langsung direspons Ono Surono melaui akun twitter miliknya @onos_urono,dengan mengatakan bahwa dalam rilis yang dia buat tidak menyebut langsung menteri KKP yang lama, ada beberapa media secara langsung memodifikasi judul dan sebagian isinya. Ono juga menyebut bahwa dia selalu mendukung kebijakan Susi terkait penenggelaman kapal ikan dan perikanan tangkap 100 persen modal dalam negeri. (mar)