MTU

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertrans dan Energi) DKI Jakarta akan menyelenggarakan Gowes Jakarta Safety Excellence di Jakarta International Velodrome, Pulogadung, Jakarta Timur, Ahad, 9 Februari 2020.

Kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tersebut ditargetkan diikuti ribuan peserta dari berbagai wilayah di Jakarta.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, antusiasme masyarakat mengikuti Gowes Jakarta Safety Excellence sangat tinggi.

“Hingga pendaftaran kami tutup jumlah pendaftar sudah mencapai 7.680 orang. Animo masyarakat sangat luar biasa,” ujarnya, Jumat (7/2).

Andri menjelaskan, Gowes Jakarta Safety Excellence dimulai pukul 07.00 WIB dengan panjang lintasan sepanjang 11,4 kilometer.

Adapun rute yang dilalui peserta yakni Jakarta International Velodrome-Jalan Pemuda-Jalan Pramuka-Tugu Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Salemba-Jalan Pramuka-Jalan Pemuda-dan berakhir di Jakarta International Velodrome.

“Registrasi peserta yang sudah mendaftar dilakukan pukul 06.00. Gowes Jakarta Safety Excellence ini terbuka untuk umum,” terangnya.

Menurutnya, Gowes Jakarta Safety Excellence tidak sebatas bersepeda, tapi ada kegiatan pendukung lainnya seperti, bazar dari Jakpreneur, hiburan, dan pengundian doorprize.

“Kegiatan ini bisa mengakomodir visi misi pemerintah yaitu, mendorong gerakan masyarakat sehat dengan bersepeda, Jakarta Langit Biru, dan menggerakkan perekonomian,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pusat pelatihan kerja di bawah naungan Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, serta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan juga akan membuka stan pada kegiatan itu.

Tujuannya, sebagai sarana komunikasi dan informasi masyarakat terkait program-program pelatihan yang dilaksanakan oleh PPKD Dinas Tenaga Kerja.

“Selain itu ada sosialisasi BPJS Tenaga Kerja dan Kesehatan. Jadi masyarakat bisa berinteraksi dan memperoleh informasi tentang PPKD dan BPJS,” ucapnya.

Ia menambahkan, para peserta akan dibagikan kaos bertemakan Jakarta Safety Excellence dan makanan ringan. Selain itu, peserta juga diimbau untuk membawa tumbler pribadi.

“Kami ingin masyarakat peduli terhadap keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan. Acaranya dikemas santai, tapi sarat edukasi,” tandasnya. (hop)