Kastara.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 memiliki banyak dampak, salah satunya adalah membuat penggunaan internet meningkat tajam. Hal ini membuat tranformasi digital menjadi lebih cepat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary, menyatakan di masa pandemi Covid-19, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus segera beradaptasi agar usaha yang dijalankan dapat terus tumbuh dan berkembang. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Oleh karena itu, UMKM harus kreatif dan beradaptasi bertransformasi digital menjadi keharusan untuk saat ini,” ujar dia dalam Seminar Digital bertema ā€¯Membawa Semangat Hari Nusantara 2020 Menuju UMKM Hebat Berbasis Digital di Era Pandemi”, Senin (7/12).

Selain pemanfaatan teknologi digital, jelas dia, perlu juga ditumbuhkan semangat kebanggaan. Di mana Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia merupakan titik penting bagi kebangkitan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Menurut dia, Pemerintah selalu hadir untuk mendukung dan menggaungkan seluas-luasnya agar semua pihak bisa terus mencintai produk Indonesia dan bangga akan karya anak negeri sendiri.

Salah satunya adalah aplikasi karya anak negeri yang bisa dibanggakan dan mampu hidup di negeri sendiri. Ini juga dapat dikembangkan dengan baik, sehingga Indonesia bisa maju dengan teknologi tinggi yang dibuat oleh anak- anak Bangsa.

Ia menyatakan bahwa setiap 13 Desember diperingati Hari Nusantara. Hari Nusantara 2020 mengusung tema “Penguatan Budaya Bahari Dalam Peningkatan Ekonomi Maritim di Era Digital”.

Peringatan Hari Nusantara diharapkan dapat dijadikan momentum memupuk kebanggaan, semangat kebangsaan, membangun ekonomi kelautan dan perikanan dengan pemanfaatan teknologi digital dan mengikut sertakan peran masyarakat melalui UMKM. (mar)