APCAT

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi terselenggaranya acara 6th Asia Pasific Cities Aliance for Tobaco Control and NCDs Prevention (APCAT) The Asia Pacific Summit of Mayors. Bertema ‘Together we bring health solutions,’ acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk dapat meningkatkan komitmen bersama dalam mengakselerasi kebijakan daerah.

“Dalam kerangka memaksimalkan peran aktif jaringan global dan seluruh stakeholder di daerah, agar bahu membahu, bekerja sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama di fase pandemi Covid-19 yang saat ini kita hadapi,” ujar Mohammad Idris, melalui kanal Youtube pribadinya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Selasa (7/12).

Dikatakannya, acara tersebut merupakan salah satu akselerasi yang dibutuhkan bagi para penyusun dan pembuat kebijakan daerah. Keterlibatan dalam jaringan global memberikan aksesibilitas untuk memperluas cakupan dalam menerima masukan, saran, dan pengalaman dari stakeholder. 

“Sehingga, program-program kesehatan yang tengah disusun dapat mengalami penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan,” ungkapnya.

Dalam acara itu, Mohammad Idris juga berkesempatan memaparkan upaya dalam mempertahankan pengendalian tembakau dan program kesehatan lainnya selama pandemi Covid-19 di daerahnya. Dalam penjelasannya, dirinya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Kami juga melakukan penurunan iklan atau promosi rokok oleh tim Satgas KTR Kota Depok serta pembagian dan penempelan media tanda KTR di berbagai kawasan,” ungkapnya.

Terakhir, dirinya berharap Kota Depok dapat terus bersinergi dengan seluruh lintas sektor. Terutama di masa pandemi Covid 19.

“Dengan begitu, kita semua tidak hanya dapat mengakses upaya dan informasi terkait KTR dan penanganan pandemi saja.Tetapi juga mendapat inspirasi dalam menginovasi kegiatan yang dapat mewujudkan Kota Depok yang sehat, aman, tertib dan nyaman,” tandasnya. (dha)