Stasiun Tanah Abang

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberikan penghargaan Kolaborasi Ramah Bersepeda dalam rangka memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia (World Car Free Day) pada 22 September.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pihak gedung, bangunan, maupun swasta yang akomodatif terhadap pesepeda. Pendaftaran peserta dibuka mulai 1 sampai 13 September 2020 melalui online di http://bit.ly/BangunanRamahPesepeda.

“Kategori penghargaan yakni Gedung Kantor, Pusat Perbelanjaan, Gedung Hunian seperti apartemen atau rusun, Bangunan Rendah Untuk Usaha,” ujar Syafrin, Rabu (9/9).

Syafrin menjelaskan, sebagai syarat pendaftaran, peserta mengunggah foto dokumentasi bangunan atau fasilitas pendukung seperti parkiran sepeda, fasilitas shower, ruang ganti, dan akses pesepeda.

Setelah itu, foto-foto dokumentasi tersebut menyertakan dan mencantumkan (mention) akun media sosial Dinas Perhubungan DKI Jakarta beserta tagar #BangunanRamahPesepeda di postingan mereka.

“Penghargaan ini sebagai tanda terima kasih bagi semua pihak yang sudah mendukung program Jakarta Ramah Bersepeda dan mengakomodasi para pesepeda,” kata Syafrin.

Dia menambahkan, pemilihan kandidat dilaksanakan pada 14 September 2020, kemudian survei pada 15-17 September 2020, dilanjurkan dengan penilaian dewan juri yang dilaksanakan pada 18 September 2020.

“Pemberian penghargaan rencananya akan diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta pada Car Free Day Sedunia tanggal 22 September 2020,” tandas Syafrin. (hop)