Melon

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta hari ini melakukan kegiatan panen buah melon di wilayah Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Bertempat di Kelompok Tani Permai Lestari, varietas melon yang dipanen berjenis Golden Alisha. Hasil yang dipanen seberat 42 kilogram dari 51 pohon.

Berat maksimal satu buah melon mencapai 2,5 kilogram. Selain melon, di lokasi juga terdapat tanaman kangkung hidroponik yang dibudidayakan kelompok ini.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menilai, pertanian perkotaan di lokasi masih berpotensi dikembangkan melihat dari lahan yang tersedia.

“Terima kasih Kelompok Permai Lestari yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan urban farming. Saatnya kita mengenalkan buah-buahan kepada masyarakat,” ujarnya (9/6).

Ketua Poktan Permai Lestari, Abdul Haris mengatakan, kendala yang dihadapi dalam budidaya melon umumnya terletak pada penanganan hama dan penyakit.

“Beragamnya jenis hama dan penyakit yang menyerang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman melon itu sendiri,” tandasnya. (hop)