Geometri

Oleh: Jaya Suprana

DI bangku SMP, saya memperoleh sebuah mata pelajaran baru yang tidak saya peroleh di bangku SD yaitu Ilmu Ukur. Sejak awal langsung Ilmu Ukur menjadi mata pelajaran yang tidak saya sukai, sebab banyak rumus yang harus dihafal sementara jangkauan dangkal pikiran saya tidak mampu menangkap apa gunanya dalam kehidupan nyata.

Namun di bangku SMA, saya memperoleh mata pelajaran baru yang tidak saya peroleh di bangku SMP yaitu Stereometri. Sejak awal langsung Stereometri menjadi mata pelajaran favorit, karena saya tidak perlu menghafal rumus namun cukup menggunakan logika. Meski sebenarnya pada masa itu saya juga tidak tahu manfaat stereometri bagi diri saya sendiri.

Geometri
Di kemudian hari, saya tersadarkan bahwa berdasar kesepakatan para ilmuwan dan cendekiawan apa yang disebut sebagai Ilmu Ukur dan Stereometri termasuk ke dalam ilmu yang disebut sebagai Geometri. Kemudian di lebih kemudian hari lagi, saya tersadarkan bahwa Geometri merupakan bagian dari Matematika yang berupaya menjawab pertanyaan tentang bentuk, ukuran, posisi bentuk relatif dan properti ruang.

Geometri tumbuh-kembang pada berbagai peradaban dalam praktik menghadapi area, kepanjangan dan volume. Konsep geometrikal meliputi titik, garis, bidang, jarak, sudut, permukaan, lengkungan, topologi dan lain-lain.

Matematika
Geometri sudah dianggap sebagai bagian dari matematika oleh para cendekiawan Yunani Kuno sejak abad XV sebelum Masehi. Pada abad III sebelum Masehi, Ekluid memposisikan Geometeri sebagai bentuk ilmu aksiomatika. Kemudian adalah para cendekiawan Islam yang melestarikan dan mengembangkan Geometrik Yunani sampai Abad Pertengahan.

Pada awal abad XVII, Rene Descartes dan Pierre de Fermat meletakkan landasan matematika modern untuk melahirkan Geometri non-Euklidean, yang meninggalkan geometri dua dimensi demi menjelajah ke geometri tiga dimensi alias stereometri atau ilmu ukur ruang.

Aplikasi
Di samping Geometri Non-Euklidean, kemudian geometri terus menerus membelah diri menjadi antara lain topologi, geometri aljabariah, diskret, komputasional, teori kelompok, konveks, fraktal, khaos dan lain sebagainya. Sementara aplikasi ilmu geometri terbukti berdayaguna di blantika kenyataan hidup terkait unsur visual, seperti misalnya seni rupa, musik, tari, arsitektur, desain, adibusana, fisika dan lain-lain.

Sementara Pusat Studi Kelirumologi asyik mendayagunakan geometri sebagai alat deteksi ketidaksempurnaan daya persepsi manusia, khususnya pada fenomena penyesatan visual. Satu di antara contoh penyesatan visual adalah ilustrasi geometris di atas naskah ini, yang menimbulkan kesan bahwa garis horisontal yang di bawah lebih panjang ketimbang garis horisontal yang di atas, padahal sebenarnya kedua garis horisontal itu sama panjang atau sama pendek.

Fenomena penyesatan visual seyogianya menyadarkan kita semua agar jangan percaya begitu saja terhadap apa yang disebut sebagai prasangka yang keliru, menyeragamkan segala sesuatu yang sebenarnya tidak seragam. (*)

* Penulis adalah pendiri Pusat Studi Kelirumologi.