Kartu Prakerja

Kastara.ID, Jakarta – Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyatakan, pendaftaran gelombang 14 dibuka hari ini, Kamis (11/3). Kali ini, jumlah kuota yang dipersiapkan serupa dengan gelombang 13 yakni 600 ribu orang.

“Gelombang 14 akan dibuka mulai pukul 12.00 WIB,” ujar Louisa Tuhatu dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (11/3).

Persyaratan pendaftaran gelombang 14 kali ini masih serupa dengan gelombang sebelumnya, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas, merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha, dan sedang tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Selanjutnya, calon peserta belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya, jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang, dan bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

Calon peserta juga dipastikan belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar sebesar Rp 3,55 juta. Insentif itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk 3 kali survei atau Rp 150 ribu. (ant)