Kastara.ID, Jakarta – Salah satu bagian tubuh kambing yang banyak dicari orang saat penyembelihan hewan kurban di hari Idul Adha adalah testis. Meski terkadang secara malu-malu, bapak-bapak sengaja mengincar organ tubuh kambing yang sering disebut ‘terpedo’ ini.

Banyak yang beranggapan terpedo bisa menambah keharmonisan rumah tangga. Pasalnya terpedo diyakini mampu membuat pria menjadi lebih ‘greng.’

Itulah sebabnya terpedo hanya boleh dikonsumsi oleh pria yang sudah berumah tangga. Pria lajang dilarang makan terpedo!

Namun apakah anggapan terpedo bisa meningkatkan gairah seksual pria fakta atau hanya mitos belaka?

Dr Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mengatakan banyak faktor yang bisa mempengaruhi peningkatan gairah seksual. Makanan hanyalah salah satu dari beberapa faktor tersebut. Terpedo kambing adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Pasalnya terpedo kambing kaya akan kandungan testosteron, yakni hormon yang bisa meningkatkan libido atau gairah seksual pada kaum pria.

Torpedo juga mengandung protein arginin yang mampu meningkatkan senyawa nitro oksida (NO). Senyawa ini dapat memperlebar pembuluh darah sehingga ereksi bisa berlangsung lebih lama.

Namun dr Ari menyebut keampuhan terpedo membuat pria lebih ‘greng’ tidak seperti yang digembar-gemborkan. Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini mengatakan efektivitas torpedo kambing terhadap kejantanan pria hanya sekitar 30 persen.

Sementara itu dr. Phaidon L. Toruan dari Perkumpulan Praktisi Awet Sehat Indonesia (Perpasti) mengatakan, terpedo kambing memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Dalam 100 gram torpedo terdapat 375 miligram kolesterol. Padahal asupan yang disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA) adalah 300 miligram per hari.

Dr Phaidon menambahkan, asupan kolesterol berlebihan justru bisa menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, bukannya gairah seksual yang meningkat, bisa-bisa justru terkena serangan jantung.Sebenarnya terpedo kambing bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh.

Dalam 100 gram terpedo kambing terdapat kandungan 26 gram protein dan tiga gram lemak. Jadi sebenarnya manfaat terpedo kambing bukan hanya sebagai penambah gairah seksual tapi juga bisa menjadi sumber asupan nutrisi bagi tubuh.

Namun dalam mengonsumsinya harus dalam batas dan jumlah wajar. Jika dikonsumsi secara berlebihan bukan manfaat yang didapat, melainkan mudhorot. (put)