Kastara.ID, Misano — Pada akhir musim MotoGP 2018 lalu, pembalap Spanyol yang terkenal, Dani Pedrosa, telah memutuskan pensiun dari MotoGP.

Pertama kali debut pada musim 2006 silam, Pedrosa selalu bersama tim pabrikan Repsol Honda hingga balapan terakhirnya sebagai pembalap reguler.

Telah meraih banyak rekor, pole, podium, dan kemenangan. Hanya saja dia kurang beruntung selalu gagal menjadi juara dunia.

Setelah pensiun, pabrikan Austria, KTM, berhasil mendapat tanda tangan pembalap mungil itu, ditempatkan di posisi test rider mereka.

Kala itu motor KTM sama sekali belum kompetitif, perlahan tapi pasti kini KTM berubah menjadi salah satu motor terkuat di grid MotoGP.

Peran Pedrosa sangat penting dalam pengembangan motor, demikian yang diyakini mantan rivalnya, Jorge Lorenzo.

Setelah menyaksikan penampilan Pedrosa di MotoGP San Marino lewat wildcard, Lorenzo yakin Pedrosa adalah jawaban atas masalah Honda.

X-Fuera mengklaim jika Honda tidak melepas Pedrosa, mereka akan kompetitif dalam lima tahun terakhir ini karena pembalap bernomor start #26 itu sangat lihai mengembangkan mesin.

“Sepertinya dialah pelakunya. Dia tidak memenangkan apa pun bersama Marquez dan dia sudah tamat,” ungkap Lorenzo kepada DAZN seperti dilansir Motosan.es.

“Sepanjang sejarah prestasinya luar biasa, saya belum pernah melihat pembalap ‘kecil’ seperti itu meraih begitu banyak kemenangan di MotoGP. Itu belum pernah terjadi, dan itulah yang ditunjukkan oleh teknik yang harus ia kembangkan sepanjang kariernya untuk mencapainya. Secara teknis pada tingkat kecerdasan, ‘perasaan’, ini adalah pilot super sensitif yang membantu mengetahui bagian mana yang berjalan baik dan apa yang salah. Dia telah menunjukkannya di KTM dan Honda telah kehilangan banyak hal dengan kepergiannya,” imbuh Lorenzo menambahkan.

Lorenzo yakin Honda akan kompetitif jika Pedrosa bertindak sebagai penguji.

“Dengan Dani sebagai penguji, empat atau lima tahun terakhir ini Honda akan jauh lebih baik, 100%. Keadaan lainnya sama persis, dengan cederanya Marquez, dan segala sesuatunya sama, Honda akan jauh lebih baik jika Dani sebagai penguji,” ungkap Lorenzo.

Lorenzo sendiri pensiun dari MotoGP setahun berikutnya pada 2019 dan kini menjadi komentator MotoGP tidak tetap untuk TV Spanyol. (tra)