Kebaya Kerancang

Kastara.ID, Jakarta – Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi menggelar lomba desain Kebaya Kerancang di lantai dasar gedung Blok G, Balai Kota, Jakarta Pusat.

Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatullah mengatakan, lomba desain Kebaya Kerancang atau yang dikenal dengan sebutan Kebaya Encim merupakan salah satu dari delapan ikon Betawi.

“Lomba desain Kebaya Kerancang ini sebagai upaya untuk melestarikan serta mempopulerkan kebaya Betawi,” ujarnya, Rabu (11/12).

Ia menambahkan, dengan kegiatan tersebut harapannya masyarakat bisa semakin mengenal serta belajar mengenai desain unik, indah dan makna filosofis dari Kebaya Encim.

Sementara Ketua Panitia Perempuan-perempuan Betawi Hebat Ache Nurseha menjelaskan, lomba yang digelar dari tanggal 9-11 Desember 2019 tersebut juga sebagai upaya untuk memperingati Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember mendatang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 52 peserta dari lima wilayah kota dan satu kabupaten di Jakarta.

Selain lomba Kebaya Kerancang, pihaknya juga menyelenggarakan lomba marawis yang diikuti sebanyak tujuh grup marawis dari lima wilayah kota dan satu kabupaten serta diskusi tentang ‘Perempuan Betawi Hebat’. (hop)