Komponen Cadangan (Komcad)

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menargetkan 25 ribu tentara dari Komponen Cadangan (Komcad) akan terbentuk tahun ini untuk membantu Mabes TNI. Hal tersebut dengan asumsi setiap Batalyon menghasilkan 400 hingga 500 tentara Komponen Cadangan.

“Komcad targetnya itu 35 batalyon, jadi kita harap tahun ini bisa akselerasi bisa sampai 25 ribu Komcad,” kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (12/3).

Sementara untuk tahun-tahun ke depan, pihaknya akan menghitung ulang keperluan tentara cadangan dari setiap matra TNI. Sebab kata Dahnil, penambahan komponen cadangan ini bergantung pada kebutuhan dari masing-masing matra, yakni dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Selain itu, Dahnil juga menyebut saat ini Kementerian Pertahanan telah mulai melakukan proses sosialisasi terkait program Komponen Cadangan di beberapa wilayah di Indonesia.

Pihaknya juga menargetkan dalam beberapa bulan ke depan proses rekruitmen Komponen Cadangan ini bisa segera dibuka. “Mungkin beberapa bulan ke depan bisa melakukan proses rekruitmen,” katanya.

Dahnil menyebut proses rekruitmen juga akan dilakukan di Koramil setempat. Siapa saja yang bersedia mendaftar program Komcad dari Kemhan dipersilakan mendatangi Koramil di wilayahnya masing-masing.

“Jadi anak pemuda Muhammadiyah, teman-teman mahasiswa, dosen yang masih muda silakan bisa ikut, kan bagus tiga bulan Anda punya keahlian militer, Anda punya kemampuan, kesamaptaan dan sebagainya itu akan sangat membantu,” jelasnya. (ant)