Bunga Teratai

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menurunkan alat berat untuk membersihkan bunga teratai yang memenuhi sebagian Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos. Rencananya, alat berat ini berada di lokasi sampai pembersihan selesai dilakukan.

“Kami turunkan Amphibi untuk mengangkat teratai yang sudah menutupi 25 persen permukaan Situ Jatijajar. Alat berat kita gunakan sampai teratai bisa tertangani dan terkontrol, tidak ada target yang ditetapkan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (12/7).

Sebelumnya, kata Citra, pihaknya telah menerjunkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan normalisasi. Saat ini, dilanjut dengan pembersihan permukaan situ.

“Satgas tetap berada di lokasi selama ada alat berat karena untuk mempercepat proses pembersihan bunga teratai, jumlahnya ada tiga orang operator. Setelah diangkat, akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk juga sudah kami sediakan,” terangnya.

Perlu diketahui, pertumbuhan teratai sangatlah cepat sehingga, dibutuhkan alat berat untuk membantu proses pembersihan agar fungsi penyerapan air maksimal. Over populasi teratai juga bisa merusak keindahan situ.

“Sementara kami fokus untuk mengangkat teratai, agar fungsi penyerapan air bisa maksimal,” tutupnya. (dha)