Kelurahan Sukatani

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi terhadap Kali Kompeni yang berada di Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos. Upaya ini dilakukan agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan.

“Kami normalisasi Kali Kompeni yang berada di Jalan Tanjung RT 05 RW 20, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos untuk memaksimalkan penyerapan air. Karena kali ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur dan sedimen pasir,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (12/7).

Dikatakannya, pengerjaan mulai dilakukan sejak kemarin (11/7) dan masih berlanjut sampai kali berfungsi secara optimal. Pihaknya juga mengirimkan satu alat berat berupa mini spider sekaligus empat personel Satuan Tugas (Satgas), termasuk operator.

“Sudah dikerjakan sejak kemarin. Rencananya masih terus berlanjut dan tidak ada target. Saat ini yang sudah dikerjakan sepanjang 150 meter dan kemungkinan akan terus bertambah sampai kurang lebih 500 meter,” ungkapnya.

Citra berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Dia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir,” tutupnya. (dha)