Kastara.Id,Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) Terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Tahun 2023, Kategori Integrasi Aplikasi menggunakan TTE Terbanyak pada Sandikami Award 2023 dari Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Penghargaan  diserahkan Wali Kota Depok Mohammad Idris kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto saat apel pagi, di  Balai Kota Depok, Senin (11/9).

Menurut Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto, sebagai upaya mendukung penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Pemkot Depok sudah melakukan integrasi tanda tangan elektronik dengan beberapa aplikasi.

Langkah tersebut dilakukan untuk mekanisme pengamanan dasar sistem elektronik, sehingga dapat memenuhi aspek-aspek keamanan yang meliputi integritas, keaslian, kerahasiaan, dan nir-penyangkalan.

“Upaya ini telah mendapatkan apresiasi dari Provinsi Jabar dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jabar kepada Pemkot Depok pada Sandikami Awards 2023. Yaitu, sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota dengan Penerapan Tanda Tangan Elektronik Terbaik Tahun 2023, kategori Integrasi Aplikasi menggunakan Tanda Tangan Elektronik Terbanyak,” jelasnya.

Masih kata  Manto, TTE adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilampirkan, ditautkan, atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Serta menjamin keaslian dokumen dan menunjukkan suatu dokumen telah sah dan legal secara hukum.

“Sudah ada sembilan aplikasi yang menggunakan TTE. Penghargaan ini akan kami jadinya pemacu serta pemicu dan motivasi agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menerapkan TTE dalam kinerja di masing-masing perangkat daerah,” tutupnya.