Alfin Habib

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival ke-9 yang mengusung tema “Merengkuh Keadilan” dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

Anies menyampaikan bahwa musik melayu perlu mendapatkan dukungan agar selalu tumbuh dan berkembang mengikuti zaman.

“Musik Melayu adalah salah satu ekspresi musik tradisional yang membawa pesan-pesan yang amat kuat. Semua musik melayu selalu mengandalkan pada kekuatan syair. Syairnya selalu membawa pesan. Dan menurut saya, ini salah satu kekuatan. Jadi saya berterima kasih sekali dapat kesempatan dari awal ikut terlibat di sini. Sekarang sudah yang ke-9 kali. Rasanya dulu pas awal-awal betul-betul meniti, merangkak, dan akhirnya sekarang bergulir menjadi sebuah kegiatan rutin,” ujar Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, sebagaimana dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Selasa (13/8).

Anies meyakini Jakarta Melayu Festival akan menjadi ajang silaturahmi, ajang untuk ekspresi diri, kesempatan untuk bergembira bersama masyarakat Jakarta. Apalagi, Gubernur Anies menyatakan, tema Jakarta Melayu Festival tahun 2019 yang mengusung tema keadilan sesuai dengan makna kemerdekaan melawan kolonialisme (ketidakadilan).

“Dan merdeka memang bukan sekadar menggulung kolonialisme, tapi merdeka adalah menggelar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Di situ adalah semangat kemerdekaan. Dan ini yang kemudian juga tahun ini dijadikan sebagai tema. Kita berharap pesan ini akan bergaung. Dan semoga peringatan kemerdekaan yang bersamaan dengan Jakarta Melayu Festival ini menjadi sebuah peringatan yang berkesan buat semuanya,” terangnya.

Festival ini diharapkan dapat menjadi sebuah ajang untuk mengajak pengunjung, khususnya generasi muda, ikut peduli dan melestarikan budaya yang menjadi cikal bakal musik Indonesia. Selain itu, festival ini juga sebagai ajang silaturahmi antar komunitas masyarakat melayu di Jakarta dan sekitarnya.

Untuk diketahui, Jakarta Melayu Festival akan diselenggarakan di Mall Ancol Beach City (ABC) pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 mulai pukul 19.00 WB. Untuk menikmati pertunjukan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan, cukup dengan membeli tiket gerbang Taman Impian Jaya Ancol. Acara ini akan dimeriahkan oleh artis-artis melayu, seperti Alfin Habib dari D’ Academy, Maya (KDI), Irsya (D’Academy), Yofi (KDI), Yoda (Idol), Glow Rossa, dan Karina Christy yang diiringi oleh Anwar Fauzi dkk Band. Selain itu, JMF ke-9 akan semakin semarak dengan penampilan bintang reggae Toni Q Rastafara. (hop)