Soetta

Kastara.ID, Jakarta – Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Febri Toga mengakui telah terjadi antrean calon penumpang di terminal 2 Bandara Soetta. Febri menjelaskan antrean terjadi pada Kamis (14/5) pukul 04.00 WIB. Namun sejam kemudian antrean sudah tidak terlihat lagi.

Febri mengatakan, personel PT Angkasa Pura (AP) II telah berupaya mengatur calon penumpang untuk menghindari antrean. Namun antrean tidak bisa dihindarkan lantaran jumlah calon penumpang yang membludak. Umumnya yang datang adalah calon penumpang yang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. Febri menyebut pada jam tersebut terdapat 13 penerbangan, masing-masing 11 jadwal maskapai Lion Air Group dan dua penerbangan Citilink.

Diduga antrean terjadi lantaran penumpang harus melalui proses pemeriksaan dan verifikasi kelengkapan dokumen. Seperti diketahui, pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hanya calon penumpang dengan katagori tertentu yang boleh bepergian. Sesuai surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sebelum terbang, calon penumpang harus melakukan proses verifikasi berupa pemeriksan dokumen antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas COVID-19. Dokumen tersebut harus diverifikasi sebelum melakukan proses check in.

Saat memberikan keterangan pada Kamis (14/5), Febri menegaskan, saat ini antrean di Terminal 2 sudah tidak lagi terjadi. Febri menambahkan pihaknya akan melakukan evaluasi pelaksanaan physical distancing di Bandara Soetta. Hal melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis. Ke depan menurut Febri, PT AP II akan melakukan penataan jadwal keberangkatan penumpang. Seluruh pihak terkait akan melakukan evaluasi. Pasalnya  semua bandara yang dikelola PT AP II selalu beroperasi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Sebelumnya di media sosial beredar foto yang memperlihatkan antrean calon penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Foto yang diunggah oleh akun twitter @jktinfo itu dibaca lebih dari 100 ribu warganet. Umumnya mempertanyakan terjadinya penumpukan massa saat penerapan PSBB. Pasalnya terlihat dalam foto calon penumpang antre dalam jarak yang cukup dekat. Warganet pun mempertanyakan mengapa tidak ada physical distancing atau jaga jarak. (ant)