Hari Pramuka

Kastara.id, Jakarta – Memperingati hari Pramuka ke-56 yang jatuh hari ini, Senin 14 Agustus 2017, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan upacara Peringatan Hari Pramuka dan pembukaan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Upacara Hari Pramuka juga diselenggarakan di seluruh Indonesia.

“Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan luar ruangan terus memperkuat NKRI. Saya optimis dan percaya, perkemahan adalah metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak muda. Di bumi perkemahan ini segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak belajar tentang Indonesia dengan segala kebinekaanya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Termasuk saya yang sejak SD dan SMP berkemah di tempat ini,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, Senin pagi (14/8).

Adhyaksa Dault menambahkan, hari ini, 14 Agustus 2017, adalah hari yang sangat istimewa bagi Gerakan Pramuka. Inilah hari ketika Bung Karno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamangkubuwo IX tahun 1961 sebagai tanda bersatunya seluruh gerakan kepanduan di Indonesia waktu itu dalam wadah Gerakan Pramuka.

Adhyaksa mengatakan, kini Gerakan Pramuka genap berusia 56 tahun dan memiliki potensi besar. Terlebih Gerakan Pramuka memiliki jumlah anggota terbesar di dunia, mencapai 22 juta anggota dari berbagai latar belakang suku, daerah, dan budaya.

“Kita semua patut berbangga dengan itu. Tapi bangga saja tidak cukup. Kita harus terus memberikan warna dan manfaat yang nyata, khususnya terhadap bangsa Indonesia dan perdamaian dunia,” ujar Mantan Menpora 2004-2009 ini.

Peringatan Hari Pramuka kali ini juga terasa istimewa, sebab bertepatan dengan Pembukaan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017 yang juga dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Tak kurang 15.000 Pramuka Penegak dan Pandega dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten serta perwakilan Pramuka luar negeri mengikuti kegiatan bertajuk “Pramuka untuk Masa Depan Indonesia; Kreatif, Inovatif, Berkarakter”.

Seluruh kontingen peserta dalam negeri saat ini sudah berada di Cibubur. Sementara perwakilan luar negeri yang tercatat hadir adalah dari Malaysia, Singapura, Taiwan, Pakistan, Nepal, India, dan Bangladesh.

“Selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, saya ingin mengucapkan selamat datang di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur,” ujarnya. (nad)