Liga 1

Kastara.ID, Jakarta – Meski masih menyisakan dua pertandingan, namun kompetisi Liga 1 Indonesia, 2019 bisa dikatakan sudah selesai. Pasalnya Bali United sudah dipastikan menjadi juara. Hingga pekan ke 32, tim asal Gianyar, Bali itu sudah mengumpulkan poin 64. Jauh di atas poin yang dikumpulkan Borneo FC diperingkat dua dengan poin 49.

Meski pada pertandingan pada pekan ke 32, Bali United menelan kekalahan 0-1 dari Tira Kabo, poin Laskar Tridatu tak mungkin dikejar rival-rivalnya, seperti Borneo FC dan Persipura. Terlebih kompetisi hanya menyisakan dua pertandingan saja.

Selain itu, tiga tim terbawah juga sudah dipastikan terdegradai ke Liga 2 pada musim depan. Ketiganya adalah Kalteng Putra, Semen Padang, dan Badak Lampung. Hal ini dipastikan usai Persija Jakarta berhasil mengalahkan Madura United pada pertadingan ke 32 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (13/12) dengan skor 4-0. Akibatnya poin yang dikumpulkan Persija menjadi 41 dan mendongkrak posisi tim asal ibukota itu ke peringkat 12.

Badak Lampung yang menghuni posisi 16 tidak mungkin mengejar posisi Persela Lamongan. Pasalnya Persela yang menempati peringkat 15, posisi terakhir di atas zona degradasi, dengan poin 40. Sedangkan Badak Lampung baru mengumpulkan poin 33. Dua pertandingan tersisa tak mungkin menyelamatkan posisi tim yang dulunya bernama Perseru itu.

Posisi tiga tim tersebut pada musim depan akan digantikan Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh. Persik dan Persita adalah finalis kompetisi Liga 2. Pada laga final, Persik berhasil mengalahkan Persita dengan skir 3-2. Sedangkan Persiraja memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0. (tra)