Pilpres 2024

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta jajarannya, Sabtu (13/3), untuk melakukan safari politik. Sebelumnya, Airlangga sudah bertemu dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Pertemuan tokoh sekaliber ketua umum partai tentu kerap memunculkan persepsi publik tentang kerja sama politik jangka panjang, termasuk soal pemilihan presiden (pilpres) atau kepemiluan.

Apalagi, dalam pertemuan sebelumnya dengan Surya Paloh, Airlangga menjajaki koalisi dengan Nasdem di Pilpres 2024. Capres akan dipilih dari hasil konvensi yang digelar Nasdem, sementara cawapres diberikan kepada Golkar.

Namun, dalam pertemuan petinggi Golkar dengan Gerindra, kedua pihak mengklaim belum bicara mengenai Pemilu dan Pilpres 2024.

Petinggi Golkar yang ikut dalam pertemuan, Agus Gumiwang Kartasasmita mengklaim bahwa kedua pihak belum bicara kans kerja sama politik jangka panjang. “Kita fokus pada suksesi pemerintah Pak Jokowi terlebih dahulu,” katanya dilansir CNNIndonesia.com, Senin (15/3/2021).

Meski demikian, Agus mengatakan, Golkar dan Gerindra sudah terbukti bisa berkolaborasi seperti di parlemen saat ini. Golkar dan Gerindra sama-sama partai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, revisi UU Pemilu sempat menjadi perdebatan lantaran ada sejumlah partai yang tak mau Pilkada digelar di 2024. Akhirnya, revisi UU Pemilu tak masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas (2021). (ant)