Prokes

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut Presiden Joko Widodo meminta agar protokol kesehatan di sejumlah aktivitas yang berpotensi penyebaran Covid-19 lebih diperketat. Salah satunya aktivitas makan bersama di tempat umum.

“Beliau meminta aktivitas, di mana kesempatan membuka maskernya tinggi benar-benar diperhatikan. Implementasi di lapangan diperketat untuk kegiatan seperti liburan panjang, pariwisata yang berkerumun, dan juga makan bersama,” ungkap Budi dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Menurut Budi, ketiga aktivitas tersebut merupakan penyebab banyaknya klaster keluarga. Dia menyebut Jokowi ingin agar prokes dijalankan secara disiplin sesuai dengan aturan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang telah dibuat.

Budi menjelaskan, pemerintah telah menetapkan aturan sesuai zonasi atau tingkat penularan Covid-19 di setiap daerah. Namun, dia menilai implementasi aturan di lapangan memang perlu diperketat.

Untuk itu, Presiden menugaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk memastikan implementasi PPKM mikro di lapangan benar-benar sesuai dengan yang telah dirumuskan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.

“Karena memang banyak aturannya sudah baik untuk daerah merah, oranye, kuning, tapi implementasi di lapangannya yang perlu didisiplinkan,” tukasnya. (ant)