Jalaluddin Rakhmat

Kastara.ID, Jakarta – Tokoh cendekiawan Jalaluddin Rakhmat wafat pada Senin (15/2) kemarin pada usia 71 tahun, setelah sebelumnya masuk rumah sakit swasta di Bandung pekan lalu.

“Kabar meninggalnya beliau tadi pukul 15.45 WIB,” kata Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Dadang Rahmat.

Jalaluddin Rakhmat adalah dosen tetap di Fikom Unpad sampai pensiun. “Beliau salah satu ikon komunikasi di Unpad,” kata Dadang.

Sebelumnya, istri Jalaluddin Rakhmat lebih dulu berpulang. Dari informasi yang diperoleh Dadang, mereka diduga terinfeksi Covid-19. “Tapi saya tidak bisa memastikan soal itu,” ujar Dadang.

Pemikiran Kang Jalal soal ilmu komunikasi dinilai Dadang tajam. Beberapa buku karyanya sampai hari ini masih jadi pegangan mahasiswa, seperti Psikologi Komunikasi dan Metode Penelitian Komunikasi.

Dikenal juga sebagai tokoh syiah, Jalaluddin Rakhmat pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Menurut Mantan Dekan Fikom Unpad Deddy Mulyana, saat dirinya menjabat dekan, pernah ada pihak yang mempersoalkan keyakinan agama Kang Jalal itu, yaitu Syiah. “Tapi tidak sampai menekan saya untuk bertindak,” katanya. Dia sendiri memaklumi keragaman agama termasuk keyakinan Kang Jalal. (ant)