Jepang

Kastara.ID, Jakarta – KLHK diminta untuk memainkan peran pentingnya pada kerjasama “Indonesia-Japan 2045: A Joint Project of Two Maritime Democracies”. Permintaan tersebut disampaikan Prof. Hidetoshi Nishimura, President Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) yang juga merupakan salah satu anggota Komite Eksekutif (Executive Committee) proyek kerja sama tersebut.

Menteri LHK Siti Nurbaya dan Prof. Nishimura bertemu di sela-sela acara Welcome Dinner pada pertemuan G20 Ministerial Meeting on Energy Transitions and Global Environment for Sustainable Growth yang diselenggarakan di Kota Karuizawa, Prefektur Nagano, Jepang, 14-16 Juni 2019.

Merespons permintaan Prof. Nishimura, Menteri Siti menyatakan bahwa aspek lingkungan telah menjadi perhatian besar dari pemerintahan Joko Widodo, terlebih menuju 100 tahun Indonesia merdeka. KLHK, menurut Menteri Siti telah dan sedang melakukan upaya korektif pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan dengan memandang setiap kebijakan dan regulasi sebagai pengejawantahan dari Undang-undang Dasar (UUD) 1945. (rya)