Peretasan

Kastara.ID, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah jika servernya diretas namun sedang dilakukan pemeliharaan sehingga proses ini mengganggu proses pengiriman data.

Melalui Herizal selaku Deputi Bidang Klimatologi BMKG disampaikan bahwa tanggal 10 sampai dengan 15 Oktober 2019, BMKG tengah melakukan pemeliharaan sistem diseminasi otomatis informasi kualitas udara PM10.

Selama masa pemeliharaan tersebut, sistem input dalam sistem diseminasi otomatis dilakukan secara manual, dan layanan informasi PM10 di websie BMKG tetap tersedia, walaupun dalam kemasan standar.

Informasi kualitas udara konsentrasi debu partikulat <10 mikron (PM10) merupakan salah satu produk layanan informasi di website BMKG yang memberikan indikasi kondisi polutan di suatu kota.

Menurutnya, selama masa pemeliharaan sistem input data PM10 tak bisa dilakukan secara otomatis sehingga, data dimasukkan secara manual.

Sebelumnya, Siswanto, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara memberi keterangan terjadi peretasan pada server yang menangani kualitas udara PM10 menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan aplikasi BMKG. (rya)