KKB Papua

Kastara.ID, Jakarta – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata menyatakan, empat orang yang diduga anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) alias OPM ditangkap di Jalan Trans Papua, Mimika-Nabire, Sabtu (13/3) lalu. Anggota KKB pimpinan Joni Botak itu sedang melintas menaiki mobil Toyota Avanza.

“Telah diamankan empat orang pasukan KKB,” kata Era, Rabu (17/3).

Era mengatakan, salah seorang yang ditangkap merupakan pelaku penembakan di wilayah Tembagapura pada Maret 2020 lalu, berinisial TJ.

Menurutnya, penangkapan dilakukan saat aparat tengah menuju Distrik Iwaka untuk menyisir wilayah tersebut usai mendapat informasi suplai bahan makanan untuk kelompok KKB Joni Botak.

Dalam operasi itu, aparat mendeteksi seorang penembak KKB berinisial AE di dalam mobil berwarna putih tersebut. Aparat gabungan TNI-Polri kemudian mengikuti kendaraan tersebut.

Saat diperiksa, terdapat empat orang yang diduga anggota KKB. Mereka masing-masing berinisial TJ, T, JJ, dan EK.

Petugas, kata dia, turut mengamankan sejumlah barang bukti seperti empat buat handphone, dan dokumen-dokumen TPNPB-OPM. Saat ini kepolisian tengah mendalami para terduga pelaku.

Penangkapan ini, kata dia, merupakan hasil pengembangan dari penembakan Ferry Elas (35) pada awal Maret lalu. Polisi membongkar handphone yang disita dari Ferry dan menemukan sejumlah jejak keterlibatan dan identitas para anggota KKB.

Semntara Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom belum merespons saat diminta konfirmasi terkait penangkapan empat anggota KKB tersebut. (ant)