Puskesmas Kedaung Depok

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung saat ini mulai menyelenggarakan vaksinasi Covid-19. Namun, sebelum pelaksanaan vaksinasi, sejumlah persiapan sudah dipersiapkan oleh mereka.

Kepada UPTD Puskesmas Kedaung Anugrah Sri Handayani menuturkan, sejumlah persiapan sudah dilakukan baik dari sumber daya manusia (SDM) dan alat kelengkapan yang dibutuhkan. Antara lain tenaga kesehatan (nakes) telah diberikan pelatihan sebagai vaksinator yang di fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Selain bagi vaksinator, pelatihan juga diberikan kepada tim pendaftaran. Serta teman-teman di farmasi yang menyiapkan dan menyimpan vaksin mulai dari gudang farmasi Dinkes menuju  penyimpanan vaksin di Puskesmas Kedaung,” tuturnya seperti diwartakan berita.depok.go.id, Senin (18/1).

Nunu sapaan akrabnya menjelaskan, tidak hanya vaksin yang disiapkan, namun Alat Pelindung Diri (APD) dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) lainnya juga disiapkan. Kemudian untuk vaksin sudah diterima pada Kamis (15/1).

Dikatakannya, vaksinasi tahap pertama di Puskesmas Kedaung dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Kamis atau 18, 20, dan 21 Januari 2021. Meski begitu, ia tetap mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan 2 I dan 3 M. Yaitu Iman, imun, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat melindungi seluruh masyarakat dari virus Corona,” pungkasnya. (lan)