Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok ingin mewujudkan kebudayaan dan pariwisata yang berkarakter. Upaya tersebut akan dilakukan melalui sejumlah program yang dirumuskan pada Forum Rencana Kerja (Renja) Disporyata Kota Depok Tahun 2023.

Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, budaya dan pariwisata yang berkarakter ialah yang mempunyai ciri khas. Hal tersebut tertuang pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Untuk mewujudkan kebudayaan dan pariwisata yang berkarakter harus didukung dengan keberadaan sektor wisata dan cagar budaya yang dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana pendukung,” tuturnya saat memberikan paparan pada Forum Renja Disporyata Kota Depok tahun 2023 secara virtual sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (18/2).

Dadan menuturkan, beberapa kondisi cagar budaya saat di Kota Depok perlu direhabilitasi dan direvitalisasi. Selanjutnya sarana dan prasarana juga perlu ditingkatkan dan rehabilitasi.

Lebih lanjut, ujar Dadang, untuk tahun 2023 diharapkan dapat memiliki Peraturan Daerah (Perda) Cagar Budaya serta pusat kreativitas seni dan budaya masyarakat. Kemudian penetapan benda atau bangunan cagar budaya dan pengembangan gedung kesenian.

“Diharapkan juga adanya festival kebudayaan dan pariwisata skala besar, berkembangnya sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, serta kolaborasi dan kerja sama antar stakeholder pariwisata,” pungkasnya. (dha)