Kastara.ID, Depok – Pada prinsipnya dari pihak Pemerintah Kota Depok sudah siap akan memberikan penjelasan kepada anggota Dewan DPRD Depok, dikarenakan belum ada surat yang dilayangkan kepada pihak Pemerintah Kota Depok. Jika sudah mendapat surat dari DPRD Depok, Pemkot Depok siap menjelaskan mengenai apapun tentang kinerja kepada anggota Dewan dengan sejelas-jelasnya.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono ketika memberi penjelasan mengenai Kartu Depok Sejahtera (KDS) usai sidang paripurna kepada rekan-rekan wartawan di Gedung DPRD Depok (17/5). Bersama Dinas Sosial Kota Depok dalam sepekan akan meluncurkan sebuah aplikasi kerakyatan semua orang bisa daftar KDS, semua pihak bisa melihat dan mendapat bantuan ini, tetapi dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh Dinsos. Jika ada yang melihat warga miskin di Kota Depok, baik nama maupun alamatnya yang layak mendapat bantuan segera laporkan ke Dinas Sosial Kota Depok.

DTKS merupakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang isinya merupakan daftar nama dan data diri para penerima bantuan,akan tetapi data ini bersifat dinamis jadi bisa berubah-ubah, seperti orangnya meninggal, pindah alamat, dan ketika orang mampu itu akan djcoret.

Imam berpesan bagi masyarakat yang melihat serta menerima bantuan Baik itu bantuan sosial dari Pusat maupun dari Kota Depok yang sudah mampu segera laporkan kepada pihaknya, khususnya Dinas Sosial akan dicoret nama serta datanya.

“Tidak ada politisasi dalam membagikan KDS kepada masyarakat Depok. Yang penting dia orang miskin dan berhak menerima bantuan sosial ini,” tegas Imam.

Tujuh manfaat yang dapat diterima oleh penerima KDS, yakni pelayanan kesehatan gratis melalui bantuan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Depok, bantuan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan santunan kematian (Sankem).

Pelaksanaan program ini berkolaborasi dengan BJB Depok, utamanya dalam penggunaan KDS sebagai ATM berbasis KK dan ATM untuk bantuan peserta didik tidak mampu.

“Harapannya program KDS ini dapat meringankan beban masyarakat di Kota Depok dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat sehingga KDS dapat dimanfaatkan oleh warga yang lainnya,” tuturnya.

“Harapannya program KDS ini dapat meringankan beban masyarakat di Kota Depok dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat sehingga KDS dapat dimanfaatkan oleh warga yang lainnya,” kata Imam. (“)