Kastara.id, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo akan mengundang seluruh Gubernur di Indonesia pada pekan ini. Para kepala daerah akan diberikan arahan mengenai penegakan hukum dan bahaya pungutan liar (pungli). “Istana yang mengundang mereka pekan ini,” kata Tjahjo, Selasa (18/10).

Pertemuan ini juga dalam rangka mengingatkan kembali para gubernur sebagai tangan kanan Presiden di daerah harus melaksanakan arahan Presiden. Seperti juga mempercepat pembangunan infrastruktur, pemerataan, kesejahteraan rakyat.

Tjahjo menjelaskan, kepala daerah harus memahami area rawan korupsi agar tidak menyalahgunakan amanah dan tugasnya. “Pungli 1 rupiah pun atau janji apapun harus diberikan sanksi yang tegas,” ujar Tjahjo.

Mendagri mengklaim pengawasan internal Kemendagri dan gubernur sudah cukup ketat untuk mengawasi seluruh aparatur pemerintah pusat dan daerah termasuk di dalamnya DPRD.

Menurutnya, jika masih terjadi pelanggaran korupsi apalagi operasi tangkap tangan oleh KPK, maka dia menilai ada yang salah dalam mentalitas kepala daerah. “Itu bukan salah pengawasan tapi balik ke mentalitas oknum, baik itu pejabat daerah pusat maupun oknum anggota DPRD,” kata Tjahjo Kumolo. (raf)