Hizbul Wathon-Muhammadiyah

Kastara.id, Depok – Apel Akbar Milad 1 Abad Hizbul Wathon dan 106 tahun Muhammadiyah berlangsung di Lapangan Hawai, Beji Timur, Sabtu (17/11), dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna.

“Kita berterima kasih kepada KH Ahmad Dahlan. Dia pencetus salah satu pendiri organisasi besar yang lahir pada tanggal 1 Agustus 1868 di Yogyakarta dengan motto ‘ketika Iman dan Taqwa ini melekat kita akan menjadi kuat, dan apabila iman dan taqwa kita lemah kita akan lemah,” ujar Pradi dalam sambutannya.

“Dan beliau yang wafat 23 Februari 1923 di usia 54 tahun ini menorehkan sejarah bangsa dan negara Indonesia. Prinsipnya, bagaimana kita mengisi pandangan dan pikiran-pikirannya, itulah KH Ahmad Dahlan,” imbuh Pradi.

Hizbul Wathon-Muhammadiyah

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok Bidang Kerukunan Beragama Idrus Yahya mengatakan bahwa Hizbul Wathon itu seperti Pandu sekarang (Pramuka) yang cinta Tanah Air.

“Salah satunya Jenderal Sudirman kader Hizbul Wathon. Dia orang Muhammadiyah. Di Hizbul Wathon ini banyak diajarkan akhlak yang baik dan mulia, terlepas dari hal-hal yang negatif,” papar Idrus.

Hadir pula Sariyo Sabani, salah satu pentolan Pramuka di Kota Depok. Tokoh Pramuka ini berharap kegiatan Pramuka di sekolah-sekolah akan membawa hal yang positif dan cinta Tanah Air. Apakagi, tambahnya, sekarang Indonesia memiliki anggota Pramuka terbesar di Dunia. (rud)