RFN Viktor Leonov

Kastara.ID, Jakarta – Kapal Angkatan Laut Rusia RFN Viktor Leonov yang merupakan kapal mata-mata dilaporkan berlayar di perairan Pantai Tenggara Amerika Serikat (AS), berdasarkan laporan Korps Penjaga Pantai AS (USCG).

Kapal RFN Viktor Leonov dilaporkan berada di sebelah timur Great Abaco, Bahama, yang kemungkinan akan kembali ke Rusia (18/12).

Menurut David Martin, seorang koresponden bidang keamanan nasional CBS News, kapal itu dilaporkan berlayar pada Ahad pekan lalu hingga Selasa kemarin melewati South Carolina, Georgia, menuju Jacksonville-Florida.

Berdasarkan informasi USCG, Kapten Mark R. Vlaun, gerak-gerik RFN Viktor Leonov mencurigakan karena tidak menyalakan lampu penanda ketika dalam kondisi jarak pandang terbatas. Selain itu, kapal tersebut juga tidak membalas sinyal dari kapal niaga yang meminta jalur aman untuk berlayar.

Untuk diketahui, insiden serupa pernah terjadi pada Februari 2017 di lepas pantai Connecticut. Saat itu kapal intai milik Rusia berlayar dalam jarak 30 mil laut di lepas pantai Groton, Connecticut. Di Groton terdapat Pangkalan Kapal Selam Angkatan Laut AS New London. Di sana sebagian besar kapal selam AS yang mutakhir disimpan. (har)