Beranda Headline Berita Eksterior Datsun CROSS Kaya Fitur dan Fungsional

Eksterior Datsun CROSS Kaya Fitur dan Fungsional

Kastara.id, Jakarta – Datsun CROSS yang debut global partamanya berlangsung di Jakarta (18/1), desain eksteriornya sangat kental bergaya crossover. Tampilannya sangat individual dengan desain yang khas Datsun. Honeycomb grille Datsun menjadi salah satu ciri yang telah banyak dikenal, namun kali ini tampil lebih dalam dan menonjol pada posisi yang lebih tegak untuk memberikan tampilan yang lebih agresif ditambah penekanan pada garis kap mesin yang lebih tinggi.

Demikian pula dengan lampu depan dengan proyektor yang dinamis memiliki bentuk ‘Mata Elang’ yang khas dan memadukan lampu indikator sein dan daytime running lamps. Lampu tersebut juga merupakan yang pertama di segmennya dengan fitur pengoperasian otomatis.

Datsun CROSS

Ketika mobil berjalan dari suasana terang hingga gelap – misalnya di terowongan atau tempat parkir bawah tanah – maka lampu akan menyala secara otomatis. Hal yang sama terjadi ketika suasana gelap muncul atau ketika mobil dihidupkan pada malam hari. Ketika mobil kembali berada di suasana yang terang, lampu secara otomatis akan padam. Letak sensor otomatisnya terletak di atas dashboard dekat kemudi membuatnya lebih akurat menangkap kondisi cahaya di luar kabin.

Penggunaan lampu juga menjadi lebih efisien dengan pancaran sinar lembut, panjang, dan lebar sehingga memberikan kemampuan melihat yang lebih luas. Hal ini membuat Datsun CROSS tidak hanya dapat ‘melihat’ lebih baik, namun juga dapat mudah terlihat oleh para pengguna jalan lainnya sekaligus membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Menariknya, Datsun CROSS juga dilengkapi dengan lampu “follow me home” untuk memastikan bahwa jalan di depan diterangi lampu, bahkan ketika mobil dimatikan dan terkunci. Di bawah lampu depan terdapat sepasang lampu kabut berbentuk lingkaran pada cekungan di dalam bodi mobil bagian depan sehingga menambah tampilan dinamis yang kuat pada Datsun CROSS.

Demikian pula dengan kesan yang ditampilkan pada body cladding dan perlindungan bodi mobil bagian bawah. Di bagian depan dan belakang terdapat skid plate bodi mobil bagian bawah yang memanjang dan membentuk bagian bumper, sementara cladding yang luas pada sisi bodi mobil melindungi bodi mobil dari kerusakan yang mungkin terjadi karena lumpur atau pecahan batu.

Cladding-nya menutupi rongga roda bagian depan dan belakang dan memanjang sehingga menjadi perluasan pelindung bagian bawah di kedua pintu. Cladding ini dicat dengan warna abu-abu metalik dengan sisipan serupa logam dengan warna yang lebih cerah serta terlihat kontras dengan warna bodi sehingga memberikan tampilan yang lebih gagah dan menarik.

Datsun CROSS

Pilihan warna eksterior untuk Datsun CROSS sangat variatif. Ada tujuh warna, termasuk dua warna metalik baru yang khas, yaitu Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah dua warna solid – putih dan hitam serta tiga warna metalik lainnya, yakni abu-abu, merah, dan silver.

Roof rail juga menunjang Datsun CROSS untuk tampil beda. Dengan menambah ukuran tinggi profil mobil, roof rail memberikan tampilan yang lebih sporti dan gagah. Dengan dua corak warna hitam dan silver, tidak sekadar untuk gaya, namun memberikan kepraktisan yang sesungguhnya.

Dipasang kokoh dan dengan batang melintang yang tersedia untuk berbagai fungsi, roof rail tersebut mampu mengakomodasi beban hingga kapasitas 30 kilogram. Fungsinya mampu menambah keluwesan mobil ini lebih optimal dengan memperluas ruang bagasi yang ada untuk perjalanan jauh.

Hal penting lainnya yang membuat Datsun CROSS lebih menonjol adalah ground clearance setinggi 200 mm, yang membuat mobil ini mampu melewati beragam kondisi jalan. Pelek alloy berpalang kembar (twin spoke) dan ban juga berperan meningkatkan tidak hanya dari segi estetika, namun juga kenyamanan dan pengalaman berkendara.

Dengan pusat gravitasi yang sedikit lebih tinggi, memungkinkan penempatan kursi 10 mm lebih tinggi, dan posisi mengemudi yang leluasa membuat penumpang dapat melihat suasana di luar kabin menjadi lebih leluasa dan pengemudi dapat melihat dan mengantisipasi adanya rintangan lebih awal. Pandangan ke arah belakang juga meningkat dengan adanya penambahan wiper pada jendela belakang.

Datsun CROSS memiliki Intelligent Wiping System (IWS). Selain penyetelan wiper dalam kondisi normal, juga ada penyetelan untuk interval. Namun kelebihan IWS tak hanya memberikan jeda atau interval di antara gerakan wiper, juga mampu memberikan beberapa masa interval tergantung dengan kecepatan kendaraan. Desain aerodinamis di bagian belakangnya juga sudah dilengkapi sinyal rem High Mounted Stop Lamp (HMSL).(dwi)

- Advertisement -

TERBARU

Memfasilitasi Upaya Penyelesaian Permasalahan PPDB DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi dan memfasilitasi upaya penyelesaian permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. Rakor dipimpin...