Kastara.ID, Jakarta – Sistem Satu Arah (SSA) lalu lintas di kawasan Pulogebang mulai diberlakukan sejak Selasa (18/5). Sebanyak 100 personel gabungan disiagakan untuk membantu pengendara yang melintas.

Kasudin Perhubungan Jakarta Timur, Benhard Hutajulu mengatakan, pemberlakuan sistem satu arah lalu lintas di kawasan Pulogebang ini dilakukan menyusul dioperasikannya Flyover Cakung secara permanen.

Adapun ruas jalan yang terkena pemberlakuan SSA ini adalah Jl Cacing sisi timur dan sisi barat tol JORR, Flyover Sentra Primer dan Stasiun Cakung. Benhard mengimbau, pengendara agar mematuhi pemberlakuan SSA ini demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan.

“Pemberlakuan SSA ini untuk mendukung optimalisasi Flyover Cakung yang telah diuji coba. Warga harus mematuhi rambu lalu lintas yang ada demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan mereka sendiri,” kata Benhard.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Riky Erwinda menambahkan, untuk pengawasan pemberlakuan SSA ini pihaknya setiap hari mengerahkan 34 personel yang disebar di 12 titik. Mereka akan mengatur dan mengarahkan pengendara agar mengikuti rambu lalu lintas yang telah dipasang.

“Setiap hari kita siagakan 34 personel di 12 titik untuk membantu menyosialisasikan dan mengarahkan pengendara agar mengikuti rambu lalu lintas yang ada. Mereka kita siagakan sampai pengendara memahami dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada sejak diberlakukannya SSA ini,” kata Riky.

Disebutkan, dengan diberlakukannya SSA ini maka di Jl Sumarno diberlakukan satu arah, yakni untuk kendaraan dari arah barat menuju ke timur atau dari Pondok Kopi menuju Pulogebang. Sedangkan kendaraan dari arah timur (Bekasi) menuju barat (Jakarta) dialihkan.

Kendaraan dari Jl Raya Pulogebang dialihkan menuju ke Jl. Sentra Primer Timur – Jl Cakung Cilincing sisi Timur – Jl Raya Stasiun Cakung – Jl Cakung Cilincing sisi Barat – Jl Sentra Primer – Jl Sumarno – Jl Raya Penggilingan.

Kemudian yang keluar dari Tol JORR, tidak bisa lagi memutar arah menuju ke Stasiun Cakung atau kawasan KBT. Namun harus berjalan lurus ke arah Jl Sumarno atau Flyover Sentra Primer. Jika akan ke Terminal Pulogebang atau Stasiun Cakung maka kendaraan bisa langsung berputar di kupingan Flyover Sentra Primer. Kupingan tersebut sebelumnya sempat ditutup lantaran lalu lintas di Flyover Sentra Primer diberlakukan dua arah.

Sementara lalu lintas di Jl Cacing sisi barat juga diberlakukan satu arah, untuk kendaraan dari Stasiun Cakung menuju kantor Wali Kota Jakarta Timur atau langsung ke Flyover Cakung untuk menuju ke Jl I Gusti Ngurah Rai. (hop)