Depok

Kastara.ID, Depok – Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ) Covid-19 RW 10 Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari melakukan pengasapan atau fogging dan penyemprotan disinfektan di lingkungannya. Kegiatan tersebut dilakukan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Ketua RW 10, Muhammad Azwar mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap seluruh rumah warga dan fasilitas umum seperti masjid dan jalan lingkungan (jaling). Sedangkan pengasapan menyasar ke tempat yang menjadi sarang nyamuk, di antaranya saluran air, tempat menampungan sampah dan pekarangan rumah.

“Saat ini juga fokus mencegah wabah penyakit DBD, bukan hanya Covid-19 saja,” katanya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (18/8).

Dirinya menjelaskan, pihaknya menggunakan empat alat penyemprotan dan menghabiskan 10 liter cairan disinfektan. Sedangkan pengasapan menggunakan satu mesin fogging dan menghabiskan satu liter cairan obat.

“Kami menurunkan enam orang anggota satgas dalam kegiatan kali ini,” jelasnya.

Ia pun berpesan kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna menekan angka penyebaran Covid-19 di lingkungan. Kemudian juga terus menjaga kebersihan lingkungan denganĀ  menguras tempat penampungan air dan mengubur barang yang sudah tidak terpakai.

“Semoga kita bisa terbebas dari pandemi Covid-19 dan DBD,” katanya. (dha)