Kastara.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima surat dari Direktorat Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri terkait hasil pemantauan terhadap pemberitaan mengenai aksi masyarakat akhir-akhir ini.

Dalam surat tersebut, seperti dilansir laman kominfo.go.id, disampaikan bahwa hasil pemantauan pada 7 dan 9 November 2016 ditemukan adanya pemberitaan yang tidak berdasarkan fakta dari kabarsatunews.com dengan judul “PM Cina Peringatkan Indonesia, Jika Tragedi 98 Terulang, Cina Akan Kirim Pasukan ke Indonesia” dan ‘PM China Ancam Kirim Pasukan Ke Indonesia Jika Tragedi 98 Terulang”.

Surat menyebutkan juga bahwa Kementerian Luar Negeri telah berkoordinasi dengan unit  bilateral terkait dan Perwakilan RI di Beijing dan telah dikonfirmasi bahwa Perdana Menteri Tiongkok tidak pernah menyampaikan pernyataan yang mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.

Disebutkan bahwa Pemberitaan kabarsatunews.com tersebut berpotensi memberikan pemahaman keliru dan dapat berimbas pada hubungan bilateral RI-Tiongkok yang telah berjalan baik. (raf)