Waduk Pluit

Kastara.ID, Jakarta – Peserta workshop south-south knowledge exchange, melakukan kunjungan ke Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Kunjungan delegasi 14 kota dari tujuh negara Asia dan Afrika ini dalam rangka studi banding sistem pengendali banjir di DKI Jakarta.

Staff Ekonomi Perkotaan World Bank Adri Kusoro mengatakan, Waduk Pluit menjadi salah satu lokasi kunjungan karena merupakan tampungan air dari sejumlah aliran sungai di Jakarta dan salah satu instalasi vital dalam sistem pengendalian banjir.

“Kita mau lihat langsung bagaimana teknis pengelolaan pengendali banjir di Jakarta. Termasuk proses penataannya yang berdampak pada warga,” ujarnya (18/12).

Dijelaskan Adri, kunjungan tersebut nantinya menjadi bahan masukan bagi para peserta untuk membuat makalah sebagai rangkaian kegiatan. Tidak hanya sebagai pembelajaran bagi pembangun di kota asal peserta, sekaligus menjadi masukan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dilanjutkannya, dampak lingkungan perubahan iklim yang berkaitan langsung dengan pengelolaan banjir saat ini sudah menjadi isu strategis bagi negara-negara berkembang. Karenanya, pengalaman masing-masing peserta akan memperkaya cara mengatasi persoalan banjir yang ada di Jakarta.

“Output kegiatan ini sharing knowlegde. Setelah sesi berikutnya di masing-masing negara presentasi apa yang disepakati menjadi action plane,” tandasnya. (hop)