Kastara.id, Jakarta – Standard Chartered Bank memperkuat ekosistem mata rantai pemasok PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE Shopping dengan pemanfaatan layanan ‘Early Payment Program’. Program yang ditujukan bagi seluruh pemasok LOTTE di seluruh Indonesia ini ditandatangani di Jakarta, Rabu (19/7).

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Chief Executive Officer Standard Chartered Indonesia Rino Donosepoetro dengan Presiden Direktur PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE Shopping Indonesia Joseph V. Buntaran yang disaksikan oleh Head of  Transaction Banking Standart Chartered Indonesia Michael Sugirin dan Jang Yong Ki, Finance Director PT LOTTE Mart Indonesia  dan PT LOTTE Shopping Indonesia.

Early Payment Program merupakan layanan pembayaran lebih awal yang ditawarkan oleh Bank kepada seluruh pemasok LOTTE untuk membantu mereka menerima dana lebih cepat dibanding waktu jatuh tempo invoice. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan fleksibilitas pemasok dalam mengelola arus kas dan modal kerja sekaligus meningkatkan visibilitas kegiatan perdagangan.

Keuntungan dari program ini salah satunya  adalah kemudahan persyaratan dimana pemasok tidak perlu memberikan jaminan dan laporan keuangan untuk memperoleh bantuan keuangan. Selain itu juga kemudahan dalam memperoleh layanan keuangan bank lainnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemasok khususnya pemasok dengan skala bisnis kecil dan menengah (UKM) yang selama ini sering kesulitan dalam memperoleh bantuan keuangan karena tidak memiliki jaminan yang layak.

“Klien merupakan prioritas bank, kerjasama layanan Early Payment Program merupakan contoh program banking the ecosystem yang diluncurkan oleh bank dalam memberikan layanan keuangan yang inivatif, bernilai tambanh dan sesuai dengan kebutuhan klien,” ujar Chief Executive Officer Standart Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro.

Kerja sama ini pun disambut baik oleh Presiden Direktur PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE Shopping Indonesia Joseph V. Buntaran. LOTTE sebagai salah satu group perusahaan ritel terbesar di Indonesia terus berkomitmen untuk membangun kerja sama dengan seluruh mitra usaha dalam upaya untuk bertumbuh bersama mereka. Inilah yang menjadi dasar kemitraan kami dengan Standard Chartered. “Kami percaya program ini dapat membantu meningkatkan likuiditas perusahaan, memperbaiki kinerja penjualan serta dapat membuat perusahaan pemasok mengalami pertumbuhan yang sehat,” kata Joseph.

LOTTE merupakan salah satu klien penting bagi Standard Chartered dengan jaringan global yang bank miliki membantu beragam bisnis yang dimiliki LOTTE di seluruh dunia. Keberadaan Standard Chartered sebagai satu satunya bank internasional dengan kantor di 10 negara ASEAN juga turut membantu bisnis LOTTE. (koes)