Commuter Line

Kastara.ID, Jakarta – VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pihkanya mencatat sejumlah stasiun yang menjadi simpul keberangkatan terpantau ramai dan lancar mengawali pekan ini. Petugas sejak pagi siap siaga melayani pengguna untuk melakukan pemeriksaan syarat perjalanan.

Dari data KAI, kata dia, Commuter seluruh pengguna di seluruh stasiun hingga pukul 08.00 WIB tercatat ada 137.791 pengguna atau berkurang sekitar tiga persen dibanding waktu yang sama pekan lalu yaitu 141.568 pengguna.

Di Stasiun Depok misalnya, pagi ini tercatat ada 6.810 pengguna atau bertambah sekitar 6 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu. Sementara di Stasiun Sudimara tercatat ada 4.256 pengguna atau berkurang sekitar 2 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu.

“Walaupun hingga pagi ini terjadi pengurangan jumlah pengguna dibanding pekan lalu, KAI Commuter tetap mengimbau seluruh pengguna agar selalu disiplin menaati protokol kesehatan sehubungan dengan ditemukannya varian baru Covid-19 di Indonesia. Patuhi seluruh persyaratan saat naik KRL,” kata Anne, Senin (20/12).

Di masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL per hari dengan total 94 rangkaian KRL yang dimulai pukul 04.00-22.00 WIB. Selain itu KAI Commuter juga mewajibkan penggunaan masker ganda yang disarankan yaitu masker medis di dalam yang dilapis kembali dengan masker kain.

“Untuk masker yang filtrasinya telah mencukupi yaitu antara lain masker KF94, KN95, dan N95 tidak perlu lagi dilapisi dengan masker kain,” kata Anne.

Untuk hindari potensi kepadatan di stasiun dan KRL, pengguna dapat melihat informasi jadwal perjalanan, posisi KRL, dan kepadatan di stasiun secara real time dengan aplikasi KRL Access. (ant)