Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok meminta warga untuk waspada terhadap titik genangan yang mungkin terjadi akibat hujan lebat. Pasalnya, musim kemarau yang melanda wilayah Kota Depok beberapa bulan lalu, menyisakan sampah di gorong-gorong maupun selokan.

“Ada beberapa titik genangan yang harus diwaspadai, akibat hujan deras. Ini merupakan lokasi rutin, walaupun sudah kami lakukan pengangkatan sampah,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Denny Setiawan, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (20/4).

Menurut Denny, beberapa titik yang dimaksud antara lain depan ITC Depok, Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Jalan Ridwan Rais, depan SPBU Pertamina Pondok Cina, Perumahan Bukit Cengkeh, Perumahan Taman Duta, dan lain-lain.

“Lokasi tersebut memang sudah langganan (banjir), tapi yang bisa kami tangani hanya lokasi genangan yang diakibatkan sampah. Seperti crossingan inlet Situ Pladen di ARH,” jelasnya.

Diakuinya, sebagai langkah antisipasi, pihaknya menyiagakan lima personel Satuan Tugas (Satgas) untuk berjaga selama 24 jam. Sedangkan setiap harinya, pada jam kerja, seluruh Satgas melakukan kegiatan rutin. Seperti pengangkatan sampah, normalisasi situ, pembuatan turap, dan sebagainya.

“Kami minta warga untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan. Pasalnya, kita sudah memasuki musim penghujan dan potensi bencana bisa menimpa siapa saja,” katanya. (dha)