Renja DKUM Depok 2018

Kastara.id, Depok – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah yang diselenggarakan di Wisma Hijau, Cimanggis, Kamis (22/2). Forum ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Depok Herman Hidayat dan Kepala Bappeda Kota Depok Widyati Riyandani, serta narasumber Dudi Dermawan selaku Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir ini, tercatat DKUM telah memberikan banyak perubahan pada pencapaian kinerja dari beberapa Perangkat Daerah (PD). Mulai dari raihan penghargaan, peningkatan sarana prasarana, hingga peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebelumnya Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah penyuluhan dan sosialisasi bagi penggerak koperasi yang melibatkan 1.670 orang. Demikian pula dengan pelatihan kewirausahaan bagi pengelola koperasi sebanyak 400 orang. Kemudian penguatan kelembagaan koperasi sebanyak 130 orang, serta monitoring dan evaluasi terhadap Koperasi Simpan Pinjam maupun Unit Simpan Pinjam sebanyak 387 koperasi.

“Ada juga pelatihan wirausaha bagi ibu rumah tangga sederhana terbina di lokasi P2WKSS sebanyak 80 orang, pelayanan akses pemodalan bagi pelaku usaha mikro atau UMKM sebanyak 640 orang dan 340 koperasi. Selain itu, pelayanan aspek legal dan sertifikasi berupa PKP, P-IRT, halal maupun HAKI sebanyak 640 produk, pelatihan kewirausahaan dan technopreneur (marketing online) sebanyak 172 orang,” tutur Fitriawan.

Fitriawan menambahkan, pihaknya juga telah menyelenggarakan seminar, workshop, dan training bagi UMKM sebanyak 600 orang, pelatihan pembuatan kemasan produk sebanyak 200 orang, diklat manajemen keuangan, pemasaran dan SDM bagi UMKM sebanyak 172 orang. Juga dengan menggelar pameran dan event promosi sebanyak empat kali yang melibatkan 400 pelaku usaha mikro serta mengikutsertakan pada event regional maupun nasional.

Menurutnya, pada tahun 2017, Pemkot Depok melalui DKUM juga memberikan pelatihan dan pendampingan bagi wirausaha baru sebanyak 270 orang. Pada tahun 2017 juga telah dioperasionalkan Gedung Balatkop (Balai Latihan Koperasi) sebagai tempat pembinaan insan perkoperasian di Kota Depok.

Pada tahun 2017, DKUM juga memperoleh penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2017 dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi atas dedikasi DKUM dalam membina serta mengembangkan para pelaku UMKM di Kota Depok.

Fitriawan berharap, dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan tersebut mampu meningkatkan ekonomi warga Depok. “Ekonomi rakyat tersebut dapat dicapai melalui pengelolaan koperasi yang profesional dan produk UMKM yang digemari oleh masyarakat luas,” tandasnya. (rud)