Kastara.id, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu melepas keberangkatan 619 orang anggota dan keluarga Kementerian Pertahanan menggunakan 28 armada bus bantuan angkutan mudik bersama ke sejumlah lokasi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatera.

Bus gratis bantuan Kemhan tersebut dengan daerah tujuan yang sudah ditentukan 26 armada bus yaitu ke Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Lampung, dan direncanakan kembali ke Jakarta pada 2 Juli 2017. Sedangkan dua bus cadangan disiapkan untuk mengantisipasi tambahan peserta mudik bila animo peserta bertambah.

“Kegiatan mudik bersama yang diselenggarakan Kemhan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan menjaga kebersamaan sekaligus meringankan beban anggota Kemhan beserta keluarganya yang hendak merayakan Hari Raya ldul Fitri 1438 H, di kampung halaman masing-masing,” kata Menhan Ryamizard usai melepas Mudik Lebaran di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (22/6).

Sesaat sebelum keberangkatan. Menhan mengucapkan Selamat Merayakan ldul Fitri 1438 H kepada seluruh anggota Kemhan bersama keluarganya dan berpesan untuk berhati-hati selama dalam perjalanan maupun ketika di kampung halaman, sampai kembali lagi ke Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Menhan Ryamizard Ryacudu melepas rombongan bus Jakarta Solo dan Lampung kemudian dilanjutkan oleh Ibu Nora Ryamizard bus jurusan Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Solo.

Menhan dalam pesannya kepada para pengemudi, mengingatkan untuk selalu berhati-hati dan selalu mengikuti aturan serta tata tertib berlalu lintas. “Kesopanan dalam mengemudi dan keselamatan menjadi hal yang utama dalam melakukan perjalanan mudik ini,” ujarnya.

Selain itu, Menhan juga berpesan kepada pengemudi untuk memberikan keamanan dan kenyaman kepada peserta mudik lebaran bersama Kemhan.

Kepada para anggota yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran, Menhan berharap pada saat hari raya Idul Fitri nanti, anggota Kemhan yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dapat kembali suci dan dapat kembali bekerja pada 3 Juli 2017 dalam keadaan sehat dengan semangat baru dan dengan kesucian hati. (npm)