Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Dispusip) DKI Jakarta mengenalkan perpustakaan digital atau iJakarta dalam Balaikota Vaganza yang dihelat di lantai dasar, Blok G, Balai Kota DKI Jakarta mulai 21-22 Oktober 2019.

Abang Buku Jakarta Barat Tahun 2019, Yordan Rizki M mengatakan, iJakarta merupakan salah satu aplikasi terobosan baru dari Dispusip DKI Jakarta untuk mengajak warga Ibukota gencar membaca buku. Melalui perpustakaan digital ini, warga dapat saling berinteraksi untuk memberikan rekomendasi buku-buku bacaan.

“Nantinya pembaca dapat membaca buku dengan mudah di mana pun dan kapan pun,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/10).

Ia menjelaskan, di dalam aplikasi iJakarta ini terdapat lima fitur yang terdiri dari koleksi buku, e-pustaka, feed, rak buku hingga e-reader. Saat ini Dispusip DKI Jakarta memiliki sekitar 580 ribu eksemplar buku dengan 241.363 judul buku serta 70 ribu eksemplar copy buku digital.

“Kita juga ada rak buku virtual. Sehingga masyarakat bisa meminjam buku kapan saja,” katanya.

Sementara itu, salah satu pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Evi mengaku telah mengunduh aplikasi iJakarta dan mendapat segala informasi dengan mudah. Sebab beragam jenis buku dan karya ilmiah telah tersedia di aplikasi tersebut.

“Banyak literatur-literatur tentang karya ilmiah, novel, buku-buku kesehatan di aplikasi ini. Semua sudah sangat lengkap,” tandasnya. (hop)